• Web
  • INDAHNYA BERBAGI
  • Kamis, 12 Januari 2012

    Sejarah Nabi Muhammad SAW.

    => Kehidupan Rosulullah Saw

    Nabi Muhammad adalah utusan Allah kepada seluruh manusia, beliau sebagai nabi yang terakhir dan imam dari segala utusan Allah.
    Nabi Muhammad diutus membawa agama islam, dan pada hari kiyamat kelak, semua agama akan ditolak oleh Allah SWT, kecuali agama islam.
    Nabi Muhammad keturunan bangsa Quraisy, yaitu suatu golongan yang termulya di Mekkah pada waktu itu.
    Nasab Nabi Muhammad bersambung kepada Nabi Ismail sampai kepada Nabi Ibrahim As.
    => Nasab Nabi Muhammad dan Wafatnya Ayah beliau
    Ayah nabi Muhammad adalah Sayyid Abdullah putra dari Abdul Mutholib putra dari Hasyim Putra dari Abdi manaf Putra dari Qushoi Putra dari Qilab.
    Ibu nabi Muhammad adalah Siti Aminah Putri dari Wahhab, Putra dari Abdi Manaf, Putra Zahro, Putri Kilab.
    Nasab Ayah dan Ibu Nabi Muhammad berkumpul / Bertemu pada kakeknya yang kelima yaitu Qilab.
    Ayah nabi Muhammad wafat sewaktu beliau masih dalam kandungan ibunya, ayah nabi Muhammad wafat pada usia 18 tahun dan dimakamkan di madinah, ayah nabi Muhammad tidak meninggalkan sedikit hartapun untuk Nabi Muhammad.

    => Kelahiran Nabi Muhammad dan yang menyusuinya
    Nabi Muhammad dilahirkan di Mekkah pada hari senin, tanggal 12 Robiul Awwal tahun Gajah, diberi nama tahun Gajah, karena pada waktu itu ada Raja yang bernama Abrahah yang sangat dholim ingin menghancurkan ka'bah, raja tersebut mengutus bala tentaranya dengan mengendarai Gajah, akan tetapi Allah tidak menginginkan ka'bah hancur, oleh karena itu Allah menurunkan burung Ababil untuk menghancurkan pasukan tersebut, burung ababil membawa batu panas dari neraka, kemudian dilemparkan kepada pasukan bergajah tersebut, sehingga pasukan tsb mati.
    Kebiasaan bangsa Arab pada waktu itu setelah bayi lahir beberapa hari disusui ibunya, kemudian diserahkan kepada pembantu untuk menyusuinya, pada waktu itu yang menyusui nabi Muhammad adalah yang pertama Siti tsuwaibatul islamiyah. Tsuwaibatul Islamiyah adalah pesuruh paman nabi Muhammad yang bernama Abu Tholib. setelah tsuwaibatul islamiyah nabi Muhammad disusui oleh Halimatus sa'diyah, sehingga beliau berumur empat tahun.

    => Wafatnya ibu nabi Muhammad dan yang merawat nabi
    Ibu nabi Muhammad wafat sewaktu beliau berusia enam tahun ketika pulang dari madinah, pada saat itu pergi ziarah ke makam ayah nabi Muhammad bersama-sama dengan kakek nabi yang bernama Abdul mutholib. Ibu nabi Muhammad di makamkan di desa Abwa' diantara Mekkah dan Madinah.